Ramadhan

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Menuju Bulan Ramadhan

persiapan ramadhan

Ramadhan sudah di depan. Hanya tinggal menghitung hari, Ramadhan akan segera datang. Bulan yang sudah ditunggu-tunggu sudah seharusnya disambut dengan persiapan sepenuh hati.

Benar, Sahabat. Sebelum Ramadhan datang ada baiknya kita menyiapkan diri. Mungkin Sahabat bertanya-tanya, memangnya apa persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut Ramadhan?

Nah, mumpung masih ada beberapa hari sebelum kita benar-benar berjumpa dengan bulan Ramadhan, kami akan membahas hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan. Semua ini dilakukan agar kita bisa beribadah dengan maksimal di bulan Ramadhan. Simak ya,Sahabat!

Persiapan Bulan Ramadhan

1.Membayar Utang Puasa Tahun Lalu

(Gambar: Freepik/jcomp)

Ini patut dibahas pertama sebab sangat penting dilakukan dalam rangka persiapan menyambut bulan Ramadhan. Bagi mereka yang meninggalkan puasa di bulan Ramadhan pada tahun sebelumnya karena alasan tertentu seperti sakit, musafir, atau perempuan yang haid dan nifas diwajibkan mengganti puasa yang ditinggalkan. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al-Baqarah: 185.

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya: “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah:185)

Utang puasa bisa diganti sepanjang tahun hingga bulan Syaban, Sahabat. Jadi, apabila Sahabat masih memiliki utang, jangan lupa untuk diganti dulu, ya.

Oh ya, pengecualian bagi orang lanjut usia yang memang sudah tak mampu untuk berpuasa. Mereka tak harus mengganti puasa dengan puasa lagi, bisa dilakukan dengan membayar fidyah.

2.Perbanyak Puasa Sunnah di Bulan Syaban

(Gambar: Unsplash/Rauf Alvi)

Tidak punya utang puasa apa boleh berpuasa di bulan Syaban? Tentu saja boleh, Sahabat! Hal ini bahkan dicontohkan oleh Rasulullah SAW sendiri. Dalam buku “Waktu-waktu Penuh Berkah: Khazanah Islam Klasik”, Imam Baihaqi menerangkan Rasulullah SAW berpuasa hampir setiap hari di bulan Syaban. 

Abu Salamah RA menceritakan: “Aku bertanya kepada Aisyah RA tentang puasa Rasulullah SAW. Ia menjawab, ‘Rasulullah SAW berpuasa sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar berpuasa dan beliau juga tidak berbuka sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar telah berbuka. Dan aku tidak pernah melihat Beliau berpuasa pada bulan Syaban. Yakni, Beliau SAW berpuasa pada bulan tersebut hampir semuanya (sebulan penuh).” (HR Muslim, Nasa’i, dan Ahmad)

Imam Syafi’i menjelaskan Rasulullah SAW berpuasa hampir sebulan penuh pada bulan Syaban kecuali beberapa hari saja beliau tidak berpuasa, Sahabat.

3.Perbanyak Baca Al-Qur’an

(Gambar: Unsplash/Adli Wahid)

Ibadah yang bisa kita lakukan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan bukan hanya puasa, Sahabat. Ibadah lain yang juga bisa kita tingkatkan dan perbanyak adalah membaca Al-Qur’an. Disebutkan dalam “Kitab Lathoiful Ma’arif li Ibni Rojab” bahwa Amru bin Qois Al Mala-i memfokuskan diri untuk lebih banyak membaca Al-Qur’an dan menutup tokonya. 

4.Memperdalam Ilmu Agama

(Gambar: Freepik/rawpixel.com)

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan adalah memperdalam ilmu agama. Terutama ilmu-ilmu yang berkaitan dengan puasa Ramadhan. Misalnya, tentang hukum, berbagai aturan syariat, serta tata cara puasa. Sebelumnya, kami juga sudah sempat membahas beberapa hal tentang puasa Ramadhan dalam artikel lain seperti niat dan hal-hal yang membatalkan puasa.

Tidak hanya tentang puasa, Sahabat juga bisa menambah ilmu soal hal lain contohnya keutamaan bulan Ramadhan, atau ibadah pada bulan Ramadhan yaitu shalat tarawih, i’tikaf di masjid, membaca Al-Qur’an, serta zakat fitrah. Kami juga sudah membahas tentang keutamaan bulan Ramadhan pada artikel sebelumnya. 

Dengan mengetahui berbagai ilmu di atas, kita akan menjadi lebih siap dalam menyambut bulan Ramadhan.

5.Memantapkan Niat

(Gambar: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan)

Persiapan yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan, Sahabat. Kita perlu memantapkan dan mempersiapkan hati untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan karena Allah SWT. Kita niatkan segala ibadah kita di bulan Ramadhan untuk mencari ridho Allah SWT. 

6.Mempersiapkan Kondisi Fisik dan Jasmani

(Gambar: Freepik/Drazen Zigic)

Bukan hanya niat yang harus benar-benar kita persiapkan. Kondisi fisik dan jasmani pun harus siap untuk menyambut bulan Ramadhan. Terutama karena di bulan Ramadhan kita akan menghadapi perubahan pola makan karena puasa. Fisik dan jasmani kita harus dalam keadaan sehat dan siap untuk berpuasa.

7.Ziarah Kubur

(Gambar: NOJ/LKq)

Yang terakhir adalah ziarah kubur. Sebenarnya, ziarah kubur yang seringkali dilakukan masyarakat sebelum Ramadhan merupakan bagian dari tradisi semata, bukan anjuran agama. Ini dijelaskan oleh M. Quraish Shihab dalam buku berjudul “M. Quraish Shihab Menjawab 1001 soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui”. 

Rasulullah SAW pun sebenarnya tidak pernah menyebutkan waktu-waktu tertentu untuk melakukan ziarah kubur. Rasulullah SAW memperbolehkan ziarah kubur. Berikut hadits yang dijadikan dasar atas pelaksanaan ziarah kubur.

“Aku melarang kalian berziarah kubur, tetapi sekarang silahkan ziarah kubur.” Dalam riwayat lain: Barang siapa yang hendak ziarah kubur silahkan, karena ziarah kubur dapat mengingatkan akan akhirat.” (HR Muslim)

Bagaimana, Sahabat? Sudah cukup jelas kan tentang apa saja yang bisa kita lakukan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan? Mari kita manfaatkan waktu beberapa hari yang tersisa untuk sungguh-sungguh menyiapkan diri menuju Ramadhan, bulan penuh berkah.

Selanjutnya, kami akan membawa topik lain dalam artikel kami. Pastikan untuk terus membaca dan jangan sampai ketinggalan, ya, Sahabat!

Baca juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Ketahui Syarat Wajib dan Syarat Sah Puasa

Referensi:
https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6620199/8-amalan-menyambut-ramadhan-dan-doa-yang-dibaca
https://www.baznasjabar.org/news/persiapan_menyambut_ramadan