Ramadhan

Amalan Wajib yang Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

amalan bulan puasa

Bulan Ramadhan yang dinanti-nanti kini sudah datang menghampiri. Puji syukur, kita masih diberikan kesempatan untuk kembali merasakan bulan Ramadhan tahun ini. Kesempatan ini tentu tidak boleh kita sia-siakan, Sahabat. Dengan segala keutamaan bulan Ramadhan yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, kita harus bersungguh-sungguh melaksanakan amalan dan ibadah selama bulan ini.

Selain bersungguh-sungguh, sebisa mungkin kita juga harus memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan ibadah kita. Apalagi dengan adanya keutamaan bulan Ramadhan berupa pahala berlipat ganda yang dijanjikan terhadap ibadah yang kita tunaikan. Satu yang tentu saja tak boleh terlewat adalah berpuasa karena memang wajib untuk dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam Al-Qur’an dan hadits yaitu:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah Ayat 183)

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra)

Namun, selain berpuasa, masih ada beberapa amalan utama lain yang bisa kita lakukan. Kami akan membahas beberapa amalan yang bisa Sahabat tunaikan di bulan Ramadhan pada artikel ini. Simak ya, Sahabat!

Amalan Bulan Ramadhan

1.Sholat Tarawih 

(Gambar: Freepik/rawpixel.com)

Selain puasa Ramadhan, sholat tarawih juga merupakan ibadah yang istimewa karena hanya bisa dilakukan di bulan ini. Oleh karena itu, muslim dianjurkan untuk melaksanakan amalan ini di bulan Ramadhan. Terdapat hadits yang terkait dengan sholat ini, yaitu:

“Sesungguhnya Allah telah menfardhukan puasa Ramadhan dan aku telah mensunahkan shalat di malam harinya. Karena itu, barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dan ridha dari Allah. Maka, keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi)

Sebenarnya, hukum sholat tarawih adalah sunnah, bukannya wajib. Namun, mengingat keistimewaannya tersebut, sayang sekali kan Sahabat jika kita tidak melakukan sholat tarawih?

2.Membaca Al-Qur’an

(Gambar: Unsplash/Positive Moslem Attitude)

Amalan selanjutnya yang termasuk ke dalamsalah satu amalan utama di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an. Memperbanyak membaca Al-Qur’an tidak hanya akan mendatangkan pahala berlipat ganda, melainkan juga dapat membuat ketakwaan serta keamanan kita bertambah di bulan Ramadhan ini.

Terdapat hadits yang berkaitan dengan anjuran membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan, yaitu:

“Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah SAW pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al-Qur’an bersamanya.” (HR Bukhari)

Ustadz Adi Hidayat menerangkan cara agar kita bisa lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an. Caranya adalah memasang target untuk khatam 30 juz Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini. Untuk mencapai target tersebut Ustadz Adi Hidayat menyarankan agar membaca Al-Qur’an setiap sebelum dan sesudah sholat.

3.Memperbanyak Infak atau Sedekah

(Gambar: Unsplash/Madrosah Sunnah)

Amalan utama lain yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak infak atau sedekah. Amalan yang satu ini benar-benar dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut diketahui dari sebuah hadits yang artinya:

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas ra berkata: “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau semakin dermawan di bulan Ramadhan saat Jibril menemui beliau, dan Jibril menemui beliau setiap malam Ramadhan untuk mengajarkan kepada beliau Al-Qur’an, maka Rasulullah SAW ketika itu lebih baik dalam melakukan setiap kebaikan daripada angin yang berhembus.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Meski memang bisa dilakukan kapan saja, bersedekah atau berinfak di bulan Ramadhan memiliki keunikan tersendiri. Sebab, di bulan ini, salah satu bentuk sedekah yang dikeluarkan adalah membagikan hidangan atau berbuka puasa serta sahur kepada mereka yang menunaikan ibadah puasa.

4.Iktikaf

(Gambar: Unsplash/David Monje)

Selain yang sudah disebutkan di atas, Rasulullah SAW juga mencontohkan terkait kebiasaan melakukan aktikaf selama bulan Ramadhan. Hal ini tercatat dalam sebuah hadits yaitu: 

Ummul Mukminin Aisyah ra berkata: “Bahwa Nabi SAW melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau, kemudian istri-istri beliau masih melakukan i’tikaf sepeninggal beliau.”  (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits tersebut, dinyatakan Rasulullah SAW juga melakukan iktikaf terutama selama sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Bahkan disebut selalu beriktikaf hingga wafat.

Oleh karena itu, jelas tidak ada alasan untuk tidak berusaha melaksanakan anjuran amalan inin sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apalagi, di sepuluh hari terakhir dimana malam Lailatul Qadar dikatakan akan turun. 

Nah, itu dia Sahabat, beberapa amalan utama yang dapat dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Mumpung Ramadhan baru saja datang dan kita masih berada di sepuluh hari pertama. Mari kita lebih banyak beramal, menuntaskan amalan-amalan utama di bulan Ramadhan seperti yang sudah dibahas di atas.

Oh ya, meskipun hanya empat amalan yang ada di artikel ini, amalan lain yang tak termasuk juga masih bisa menjadi amalan untuk bulan Ramadhan kok, Sahabat. Intinya adalah, di bulan Ramadhan ini sebisa mungkin kita memperbanyak amalan dan ibadah. 

Demikian pembahasan kami mengenai amalan untuk ditunaikan selama bulan Ramadhan. Semoga ilmu yang kami bawa dapat memberikan manfaat bagi Sahabat semua. Nantinya, kami akan membahas hal-hal lain yang penting dan menarik untuk dibaca. Jangan sampai terlewat ya, Sahabat!


Baca juga: Apa Perbedaan antara TPQ dan TPA? Berikut Penjelasan Istilahnya

Referensi: 
https://www.suara.com/news/2022/04/12/141044/5-amalan-utama-di-bulan-ramadhan-lakukan-dengan-khusyuk-agar-mendapatkan-keberkahan?page=2
https://kumparan.com/hijab-lifestyle/selain-puasa-ini-7-amalan-utama-yang-dapat-dilakukan-pada-bulan-ramadhan-1vXX1N43oLj/full
https://www.detik.com/sumut/berita/d-6635208/3-amalan-pokok-di-bulan-suci-ramadan-untuk-meningkatkan-ketakwaan