Infrastruktur

Peran Pembangunan Infrastruktur untuk Pembangunan Ekonomi

pembangunan infrastruktur

Masih ingatkah Sahabat artikel tentang pembangunan jembatan yang membawa berbagai dampak positif di berbagai bidang termasuk ekonomi, sosial, dan politik? Jembatan termasuk salah satu infrastruktur yang pembangunannya digencarkan di Indonesia karena memiliki fungsi untuk menghubungkan dua wilayah yang terpisah. Selain jembatan, terdapat berbagai jenis infrastruktur di Indonesia seperti jalan raya hingga kantor-kantor pelayanan.

Sebagaimana pembangunan jembatan, pembangunan infrastruktur secara umum juga akan mendatangkan banyak manfaat di berbagai aspek kehidupan khususnya ekonomi. Dalam artikel kali ini, sesuai judul kami akan membahas mengenai peran pembangunan infrastruktur khususnya untuk pembangunan ekonomi. Namun, sebelum membahas hal tersebut, kami akan membahas hal-hal dasar tentang infrastruktur seperti jenis-jenis infrastruktur dan latar belakang yang membuat pembangunan infrastruktur penting di Indonesia.

Langsung saja kita masuk ke pembahasannya ya, Sahabat!

Pengertian dan Jenis Infrastruktur 

(Gambar: indonesia.go.id)

Menurut pengertiannya, infrastruktur merupakan fasilitas fisik yang diperlukan oleh agen-agen publik untuk menjalankan fungsi pemerintahan dalam penyediaan air tenaga listrik, pengelolaan limbah, transportasi, sampai pelayanan publik untuk memfasilitasi tujuan sosial dan ekonomi (Kodoatie, R.J., 2005).

Infrastruktur terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, infrastruktur keras yang mempunyai bentuk fisik nyata dan paling banyak berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Contoh infrastuktur keras adalah bandara, kereta api, dermaga, pelabuhan, saluran irigasi, jalan raya, dan lain-lain.

Kedua, infrastruktur keras non fisik yang termasuk infrastruktur keras namun tak mempunyai bentuk fisik yang nyata. Infrastruktur jenis ini memiliki kegunaan mendukung infrastruktur fisik lain serta berhubungan dengan kepuasan publik. Contohnya adalah ketersediaan air bersih, pasokan listrik, jaringan komunikasi, ketersediaan saluran gas, dan lain-lain,

Ketiga, infrastruktur lunak yang berupa kelembagaan atau kerangka institusional. Infrastruktur jenis ini berhubungan dengan aktivitas pelayanan masyarakat yang disediakan pemerintah. Contoh infrastruktur ini adalah pelayanan polisi, pelayanan kantor pos, dan lain-lain.

Banyaknya jenis dan jumlah infrastruktur yang dibangun di Indonesia tidak terlepas dari kondisi geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan. Pembangunan infrastruktur perlu digalakkan demi mendukung mobilisasi serta meningkatkan perekonomian di berbagai wilayah Indonesia.

Pembangunan infrastruktur menjadi hal yang penting dilakukan di Indonesia sebab berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan yang dilakukan akan memberi dampak yang signifikan pada pengembangan wilayah. Selain itu, Presiden Indonesia Joko Widodo juga pernah menyinggung mengenai pentingnya infrastruktur yang baik untuk mendukung daya saing produk-produk dalam negeri.

Untuk lebih memahami peran pembangunan infrastruktur terhadap aspek ekonomi Indonesia, mari kita lanjutkan ke bahasan selanjutnya, Sahabat!

Yayasan Sahabat Pedalaman Raih Penghargaan Pembangunan Jembatan dari Bupati Musi Rawas Utara

Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Terhadap Perkembangan Ekonomi

(Gambar: pu.go.id)

Pada bagian sebelumnya, kami sudah menyinggung sedikit tentang manfaat dan pentingnya pembangunan infrastruktur terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Secara umum, masifnya pembangunan infrastruktur yang tengah dilakukan di Indonesia merupakan sebuah langkah untuk menyokong lompatan bagi Indonesia agar bisa mengubah status menjadi negara maju dan melepaskan diri dari perangkap negara berkembang atau “middle income trap”. 

Pembangunan infrastruktur yang merata di berbagai wilayah Indonesia akan memberikan manfaat secara langsung berupa meningkatnya ekonomi regional. Pertumbuhan ekonomi ini bisa tercapai sebab infrastruktur yang baik menjamin konektivitas antar wilayah, menekan biaya logistik, mengurangi ketimpangan, meningkatkan kualitas hidup penduduk di suatu wilayah, serta mengurangi kesenjangan ekonomi antar wilayah yang ada di Indonesia. Dengan demikian, yang terjadi selanjutnya adalah meningkatnya daya saing dan stimulus pertumbuhan ekonomi yang akan mengarahkan Indonesia mencapai status sebagai negara maju. 

Infrastruktur juga dipandang sebagai wujud dari modal publik atau public capital yang terbentuk dari investasi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Infrastruktur ini meliputi jalan, jembatan, pengairan, dan lain-lain.

Menurut The Routledge Dictionary of Economics (1995), infrastruktur disebut mempunyai peran strategis sebagai pelayan utama bagi negara untuk membantu menggerakkan roda kegiatan ekonomi serta kegiatan masyarakat. Peran strategis ini diwujudkan lewat penyediaan transportasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Lebih jelasnya, peran pembangunan infrastruktur dalam pembangunan ekonomi juga disebutkan dalam Todaro (2006), bahwa ketersediaan infrastruktur menjadi faktor penting bagi sebuah negara untuk menentukan kecepatan dan perluasan dalam pembangunan ekonomi. Infrastruktur menjadi modal dalam upaya mendorong produktivitas perekonomian sebuah negara dan meningkatkan taraf hidup penduduknya secara luas.

Pembangunan infrastruktur pun disebut berkaitan dengan peningkatan produksi. Hal ini dimuat dalam penelitian yang dilakukan David Aschauer (1989) memakai model produksi Cobb-Douglas. Hasil penelitian tersebut mengungkap adanya hubungan positif antara investasi pada infrastruktur terhadap produktivitas output yang dihasilkan. Dampak yang lebih besar dalam peningkatan produktivitas output dihasilkan oleh core infrastructure yang meliputi transportasi, air, dan energi, bila dibandingkan dengan infrastruktur lain yang seperti bangunan atau rumah sakit.

Sahabat, secara umum begitulah peran membangun infrastruktur terhadap pembangunan ekonomi suatu negara, khususnya Indonesia. Melihat besarnya dampak yang bisa dipicu, tak mengherankan apabila pemerintah menggencarkan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai masyarakat, yang bisa kita lakukan adalah menjaga segala infrastruktur yang dibangun agar bisa bertahan lama.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu Sahabat yang membaca. Simak terus artikel yang akan kami hadirkan di blog, ya! 

Baca juga: Hutan Kalimantan yang Menjadi Paru-Paru Dunia Mengalami Deforestasi dengan Cepat

Referensi:
https://www.setneg.go.id/baca/index/melanjutkan_pembangunan_infrastruktur_dan_indonesia_maju
https://ptsmi.co.id/pembangunan-infrastruktur-di-indonesia
https://news.detik.com/kolom/d-5691676/peran-infrastruktur-dalam-kemajuan-nasionalisme-dan-persatuan-bangsa