Infrastruktur

Manfaat Jembatan dalam Infrastruktur: Menghubungkan Kota dan Negara

manfaat jembatan

Ketika kita ingin berpergian ke suatu tempat, ada banyak sekali kebutuhan yang harus bisa dipenuhi entah itu dari segi kendaraan yang kita naiki, persiapan yang kita bawa, bahkan sampai rute perjalanan yang kita ingin tempuh. Infrastruktur jalanan akan sangat menentukan pengalaman kita dalam melakukan perjalanan. Salah satu infrastruktur jalanan yang sering kita temui tersebut adalah jembatan.

Apa Definisi dan Urgensi Dari Jembatan?

Walaupun sering mendengar kata jembatan, tapi kalian pernah tahu gak sih, Sahabat, sebenarnya apa definisi dari jembatan itu sendiri? Jembatan merupakan struktur jalanan yang dibangun untuk menyeberangi suatu rintangan seperti sungai, danau, saluran irigasi, lembah, jurang, rel kereta api, bahkan jalan raya yang melintang tidak sebidang. Jembatan adalah bagian salah satu dari infrastruktur transportasi darat yang sangat krusial dan vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi salah satu komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang dapat melewati ruas jalan tersebut. Maka dari itu, pembangunan jembatan termasuk suatu hal yang membutuhkan ketelitian dan perhatian khusus, karena merupakan konstruksi dalam perjalanan yang dapat menjadi sarana bagi banyaknya medium seperti manusia dan alat transportasi darat untuk dilewati. Itulah kenapa juga, pembangunan jembatan ini harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jembatan Ampera di Palembang (Gambar: www.detik.com)

Baca Juga : Dampak Pembangunan Jembatan terhadap Lingkungan

Apa Saja Manfaat Jembatan?

Setelah mengetahui apa definisi serta urgensi dari adanya jembatan, kita sekarang sudah tahu bahwa infrastruktur ini memiliki banyak sekali manfaat. Jembatan memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting dalam infrastruktur perjalanan, baik antar desa, antar kota, bahkan antar negara. Dari berbagai sisi, ada banyak sekali manfaat jembatan sebagai media penghubung antar dua wilayah. Apa sajakah manfaat jembatan tersebut? Mari kita bahas.

1. Media Penyeberangan

Manfaat jembatan yang pertama adalah sebagai media untuk penyeberangan, baik untuk para pejalan kaki, kendaraan darat atau bahkan kereta api di atas halangan yang sudah kami sebutkan di atas. Sekarang bayangkan bila jembatan tidak ada, maka penyeberangan antar dua wilayah akan sangat sulit untuk dilakukan. Jembatan sebagai media penyeberangan ini kerap dibutuhkan untuk memudahkan para pengguna jalan supaya tidak berjalan jauh memutari jalur darat yang tersedia atau sebutannya sebagai shortcut.

Jembatan sebagai media penyeberangan (Gambar: www.idxchannel.com)

2. Penghubung Antar Wilayah

Tidak bisa dipungkiri lagi, manfaat jembatan yang satu ini memiliki kepentingan yang amat krusial. Wilayah yang terhubung dari adanya jembatan ini tidak hanya terpaku dengan wilayah kecil atau lokal saja, namun bisa sampai dengan skala besar bahkan internasional. Di Indonesia, kita mengenal Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Pulau Jawa (Kota Surabaya) dan Pulau Madura. Ada juga Jembatan Ampera di Palembang yang menghubungkan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Bila di luar negeri, ada New Europe Bridge (Jembatan Eropa Baru) yang menjadi penghubung antara Kota Vidin di Bulgaria dan Kota Calafat di Rumania.

New Europe Bridge (Gambar: files.structurae.net)

3. Gerbang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Manfaat jembatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, terutama yang salah satu akses untuk masuk ke wilayah mereka harus melalui jembatan tersebut. Jembatan bisa menjadi gerbang kegiatan ekonomi warga setempat sehingga perputaran roda ekonomi bisa masuk dan keluar dari mana saja. Sebut saja berbagai macam kebutuhan yang tidak bisa didapatkan dari daerah asal mereka, dengan adanya jembatan, kebutuhan ini bisa tercukupi dengan baik.

4. Interaksi Sosial Dapat Terjalin

Dengan adanya jembatan pula, maka interaksi sosial di antara wilayah yang dipersatukan tersebut dapat terjalin. Karena adanya komunikasi serta interaksi yang baik antar daerah, maka kedua masyarakat dari wilayah yang terhubung dapat saling memahami nilai sosial dan budaya masing-masing. Ini juga dapat mengurangi perseteruan antar wilayah yang kerap terjadi ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik.

5. Tolak Ukur Batas Wilayah

Manfaat jembatan yang terakhir adalah batas wilayah antara dua tempat atau daerah yang dihubungkan oleh jembatan dapat ditentukan menggunakan batas darat yang jelas. Dengan begitu, kedua daerah dapat saling setuju mengenai batas wilayah masing-masing.

Jembatan Suramadu di Jawa Timur (Gambar: ma-miftahulhuda.sch.id)

Setelah mengetahui berbagai manfaat jembatan, kita jadi tahu nih, Sahabat, bahwa pembangunan jembatan akan memiliki banyak dampak positif yang sangat impactful terhadap wilayah yang membutuhkannya. Apalagi, banyak di berbagai pelosok desa di Indonesia, jembatan masih sangat minim, sehingga masyarakat di sana memiliki akses yang sulit untuk keluar dan masuk.

Mari ikut berdonasi bersama kami untuk pembangunan jembatan di pedalaman di Indonesia agar mereka memiliki akses yang baik. Klik di sini untuk berdonasi dan semoga semua kebaikan yang telah kita salurkan dapat menjadi pahala yang terus mengalir sebagai balasan dari amal jariyah yang sudah kita lakukan, InsyaAllah.

Nah, itulah tadi manfaat jembatan yang dapat kami simpulkan, Sahabat. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik selanjutnya, ya!

Baca Juga: Jembatan Pelosok Negeri: Gotong Royong Bangun Jembatan Pasenan

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan
https://manfaat.co.id/manfaat-jembatan
https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20170119142637-445-187451/10-jembatan-lintas-batas-negara