Kurban

Keutamaan Berkurban hingga ke Pelosok Negeri

Sahabat, masih ingatkah pembahasan mengenai kurban yang telah kami paparkan dalam artikel-artikel sebelumnya? Kami sudah pernah membahas mengenai ketentuan menjalankan kurban yang benar dan syarat-syarat hewan untuk dikurbankan. Tapi apakah Sahabat sudah tahu mengenai keutamaan ibadah kurban bagi yang melaksanakannya?

Ibadah ini juga memiliki segudang keutamaan, terutama apabila dilakukan untuk berbagi hingga ke pelosok negeri. Selain ganjaran berupa pahala yang juga didapat dari melaksanakan ibadah-ibadah lainnya, masih banyak keutamaan yang perlu Sahabat ketahui.

Oleh karena itu, kami akan menjabarkan keutamaan berkurban yang akan menghampiri orang-orang yang melaksanakan kurban dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT. Tidak perlu berlama-lama, mari langsung saja kita bahas, Sahabat!

Keutamaan Berkurban

1.Dihapuskan Dosanya 

(Gambar: Pixabay/Mufid Majnun)

Keutamaan berkurban yang pertama adalah mereka yang melaksanakannya akan dihapuskan dosa dan salahnya. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:

Rasulullah SAW, bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban. ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah SWT, Tuhan Alam Semesta.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).

2.Termasuk Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT

(Gambar: Unsplash/Fauzan)

Berkurban ternyata termasuk ke dalam amalan yang paling dicintai Allah SWT. Keutamaan berkurban ini disebutkan dalam salah satu hadits, yaitu:

“Aisyah menuturkan dari Rasulullah Shallallâhu Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda: Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya,” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)  

Dalam hadits tersebut juga dikatakan bahwa hewan yang dikurbankan seseorang akan menjadi saksi amal ibadah yang dilakukan saat hari Kiamat nanti. Oleh karena itu, muslim yang mampu benar-benar dianjurkan untuk melaksanakan kurban.

3.Hewan Kurban Menjadi Kendaraan di Hari Kiamat

(Gambar: Freepik/wirestock)

Selain menjadi saksi, ada pula yang mengatakan hewan yang dikurbankan menjadi kendaraan saat hari Kiamat nanti. Keutamaan berkurban yang satu ini disampaikan oleh Abul Ala al-Mubarakfuri.

Disebutkan bahwa hewan kurban akan mendatangi orang yang menyembelihnya pada hari Kiamat nanti dalam keadaan fisik yang utuh tanpa kurang suatu apapun. Secara metaforis, hewan itu dikabarkan menjadi kendaraan bagi penyembelihnya untuk melewati shirath.

4.Ganjaran Pahala yang Melimpah

(Gambar: Freepik)

Keutamaan berkurban yang keempat adalah adanya ganjaran berupa pahala dan kebaikan yang melimpah. Bahkan, setiap helai rambut dan bulu hewan kurban akan mendapatkan satu kebaikan, Sahabat. Ini disebutkan dalam hadits berikut:

Dari Zaid ibn Arqam, mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).

5.Menghilangkan Sikap Egois dan Terlalu Cinta Dunia

(Gambar: Freepik)

Di luar keutamaan yang bersifat akhirat seperti dosa dan pahala, ibadah kurban juga akan memberikan dampak pada sifat Muslim yang menunaikannya. Dengan berkurban, Muslim telah menghilangkan sifat berupa egoisme, serakah, serta individual di dalam dirinya.

Hal ini karena berkurban membuat seorang Muslim harus menyisihkan hartanya demi membeli hewan kurban dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT. Menyisihkan harta juga mencegah kita sebagai Muslim dari perasaan terlalu cinta pada harta benda duniawi. 

Alih-alih menikmati seluruh harta seorang diri, kita membagikan hewan kurban kepada orang-orang lain yang hidupnya kekurangan. Kita belajar untuk membagi kenikmatan harta dan kebahagiaan yang kita miliki kepada orang lain. 

6.Berbagi Manfaat dan Kebaikan pada Orang Lain

(Gambar: Freepik/rawpixel.com)

Selaras dengan apa yang disebutkan pada poin lima, keutamaan ibadah kurban yang lain adalah membuat kita bisa berbagi manfaat serta kebaikan kepada orang lain.

Banyak orang di seluruh penjuru negeri ini, bahkan di lingkungan sekitar kita tinggal, yang tak memiliki nasib seberuntung kita, Sahabat. Banyak dari mereka yang hanya bertahan dengan makanan seadanya sehari-hari. Jangankan bermimpi mencicipi nikmatnya daging, mereka hanya bisa bersyukur jika mendapat makanan apapun di hari itu, dan menahan lapar jika tak punya apapun.

Idul Adha bisa jadi merupakan satu-satunya momen bagi mereka untuk mengecap nikmat dan gizi yang ditawarkan oleh daging hewan ternak. Tentu akan membahagiakan sekali apabila bisa melihat senyum mereka karena daging kurban yang kita bagikan, bukan? Mengetahui apa yang kita punya bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain.

Demikian enam keutamaan ibadah kurban yang perlu Sahabat ketahui. Semoga, artikel ini membantu Sahabat untuk lebih yakin menyisihkan harta demi ikut serta berkurban pada Idul Adha tahun ini. 

Sekian saja artikel kami mengenai keutamaan kurban. Sampai jumpa di artikel kami yang lainnya ya, Sahabat!

Baca juga: Apa Perbedaan antara TPQ dan TPA? Berikut Penjelasan Istilahnya

Referensi:
https://www.kompas.tv/article/306334/5-keutamaan-berkurban-di-hari-raya-iduladha-amalan-paling-dicintai-allah-swt
https://www.dompetdhuafa.org/keutamaan-berkurban/
https://www.merdeka.com/jatim/5-keutamaan-qurban-idul-adha-bagi-umat-muslim-bantu-tingkatkan-ketakwaan-kln.html