Kurban

Manfaat Berkurban hingga ke Daerah Pedalaman

manfaat berkurban

Kurban merupakan salah satu ibadah yang istimewa, karena pelaksanaannya memiliki menyebarkan manfaat kepada berbagai belah pihak. Manfaatnya tak hanya bisa dirasakan orang yang berkurban, namun juga pihak lain yang terlibat seperti peternak hingga masyarakat sekitar.

Sebelumnya, kami sudah sempat membahas mengenai keutamaan berkurban, khususnya bagi Muslim yang melaksanakannya. Dalam artikel tersebut kami menyebutkan beberapa hal seperti limpahan pahala dan kebaikan, penghapusan dosa, hingga keutamaan di hari akhir.

Pada artikel mengenai manfaat berkurban kali ini, kami tidak hanya akan membahas dampak ibadah kurban pada pribadi yang melakukannya. Kami juga akan menjelaskan terkait dampaknya pada bidang sosial dan ekonomi. Hal-hal ini seperti ini kerap luput dari perhatian. Padahal, justru manfaat kurban yang paling bisa dirasakan adalah secara sosial ekonomi.Terutama ketika daging disalurkan hingga seluruh pelosok dan pedalaman di negeri ini.

Manfaat Berkurban

Tanpa banyak penjelasan lain, mari kita mulai pembahasan tentang manfaat berkurban. Simak ya, Sahabat!

1.Mendekatkan Diri pada Allah SWT

(Gambar: Freepik/rawpixel.com)

Mari kita mulai pembahasan manfaat kurban dari manfaatnya pada diri orang yang berkurban. Kurban adalah ibadah yang bisa menjadi sarana bagi seorang Muslim untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Hal ini selaras dengan arti kata kurban (qurban) sendiri yang berasal dari bahasa Arab ‘qariba’, berarti mendekatkan atau dekat. 

Perintah berkurban sendiri bisa ditemukan dalam ayat Al-Qur’an berikut:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: “Maka, laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!” (Q.S. Al-Kautsar: 2)

Allah SWT telah menurunkan perintah bagi umat Muslim untuk melaksanakan kurban. Dengan mematuhi perintah tersebut, tentunya seorang Muslim akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2.Ungkapan Syukur dan Penyucian Harta

(Gambar: Freepik/jcomp)

Manfaat berkurban lain yang bisa dirasakan oleh orang berkurban adalah sebagai ungkapan syukur serta upaya untuk menyucikan harta benda yang dimiliki. Ketika merasa telah dilimpahi rezeki yang lancar, ada baiknya menyisihkan harta untuk beribadah kepada Allah SWT yang menurunkan rezeki tersebut kepada kita sebagai wujud rasa syukur.

Penting pula untuk mengingat bahwa ada hak orang-orang yang membutuhkan di dalam harta yang kita miliki. Dengan demikian, sudah harusnya hak itu diberikan kepada mereka dalam bentuk daging kurban.

Selain itu, manfaat berkurban yang lain adalah menyucikan diri serta harta benda yang dimiliki. Dengan berkurban, kita bisa menghindarkan diri dari sifat iri, dengki, tamak, dan pelit. Berkurban dengan ikhlas juga dapat memberikan keberkahan dan keridhoan dari Allah SWT.

3.Memberdayakan Ternak Lokal

(Gambar: Pixabay/Ralph)

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel ini, kurban membawa manfaat kepada banyak pihak. Termasuk di dalamnya adalah usaha ternak lokal. Penjualan hewan ternak lokal biasanya akan meningkat di waktu-waktu kurban. Mereka akan menerima pesanan dari orang-orang yang sebelumnya tidak membeli hewan ternak. Ini menjadi keberkahan dan nikmat tersendiri dalam aspek ekonomi kepada pada pengusaha ternak lokal.

Menunaikan ibadah kurban tidak hanya akan bermanfaat mendatangkan pahala bagi Muslim yang melaksanakannya. Muslim juga dapat membantu perkembangan usaha para peternak agar mereka lebih sejahtera.

4.Memperkuat Silaturahmi

(Gambar: Freepik/rawpixel.com)

Pada momen kurban, masyarakat biasanya akan berkumpul untuk bersama-sama menyaksikan proses kurban.Tidak hanya mereka yang berkurban, namun juga penduduk sekitar. Berkumpulnya orang-orang di satu tempat yang sama akan berdampak pada terjalin kembalinya tali silaturahmi yang mungkin sudah lama tak bertemu akibat kesibukan. Ini menjadi salah satu manfaat kurban, yaitu memperkuat silaturahmi antar umat Muslim.

Tidak hanya mereka yang berkumpul bersama, silaturahmi juga bisa terjalin di antara orang yang memberi, menyalurkan, dan menerima daging kurban. Hubungan akan terbentuk di antara orang-orang yang sebelumnya tidak saling mengenal.

Sahabat pasti tahu bagaimana nilai silaturahmi dalam Islam. Menjaga silaturahmi menjadi salah satu ajaran yang dijunjung tinggi oleh Islam. Silaturahmi yang terjaga disebut dapat memperpanjang usia seseorang.

5.Berbagi Berkah pada Masyarakat Pedalaman

(Gambar: Dokumentasi Sahabat Pedalaman)

Menyalurkan daging hewan kurban tidak hanya dilakukan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal. Umat Muslim juga bisa memilih untuk menyalurkan daging kurban kepada mereka yang berada di pedalaman negeri ini. Justru, mereka lah yang lebih membutuhkannya.

Masyarakat yang berada di pedalaman biasanya memiliki kondisi demografi dan ekonomi yang sulit. Mereka seringkali tak dapat tersentuh nikmatnya ibadah kurban yang jauh dari tempat mereka.

Dengan mengantarkan daging kurban ke tangan-tangan mereka, kita turut menghadirkan kebahagiaan untuk masyarakat pedalaman agar mereka bisa merasakan berkah dari kurban. Dan tak hanya memberikan nikmat berupa daging untuk dikonsumsi, berbagi daging kurban pada mereka juga bisa menjadi sarana mengenalkan agama Islam kepada mereka.

Sungguh banyak manfaat kurban yang bisa dirasakan ya, Sahabat? Bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan pada pihak lain seperti pengusaha ternak dan masyarakat, utamanya masyarakat pedalaman.

Oleh karena itu, mari kita sama-sama melaksanakan ibadah kurban tahun ini. Apabila Sahabat tertarik berbagi nikmat kurban pada masyarakat pedalaman, Sahabat bisa klik di sini, ya.

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Baca juga: Apa Perbedaan antara TPQ dan TPA? Berikut Penjelasan Istilahnya

Referensi:
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6151656/4-manfaat-berkurban-saat-idul-adha-salah-satunya-sebagai-penghapus-dosa
https://www.merdeka.com/trending/10-manfaat-berkurban-bagi-umat-islam-penebus-dosa-beserta-menyucikan-diri-amp-harta-kln.html
https://www.dream.co.id/stories/kisah-pejuangan-dai-salurkan-hewan-kurban-hingga-pedalaman-dan-perbatasan-210709d.html