Infrastruktur Inspiratif

Peran Jembatan dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

peran jembatan

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur yang mudah dilihat dan ditemui di sekitar kita. Jembatan dibuat untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus karena adanya rintangan seperti sungai, saluran irigasi, jurang, danau, lembah, jalan yang tak sebidang, hingga lautan. 

Dengan adanya jembatan, kita dapat melintas dengan aman. Infrastruktur ini tergolong krusial untuk menunjang aktivitas masyarakat. Sekilas, manfaat jembatan yang kita rasakan hanyalah mempermudah akses. Namun, rupanya manfaat keberadaan jembatan lebih dari itu.

Bukan hanya menyediakan akses, jembatan juga berperan dalam bidang ekonomi, bahkan sosial budaya masyarakat. Manfaat ini sebenarnya amat dekat dengan kehidupan kita dan bisa kita rasakan sehari-hari. Namun, seringkali kita tidak menyadarinya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas lebih detail mengenai manfaat atau peranan jembatan, khususnya di bidang ekonomi, untuk kehidupan masyarakat.

Manfaat Jembatan dalam Bidang Ekonomi

(Jembatan Mangunsuko. Gambar: Humas Jateng)

Ekonomi menjadi bidang yang sangat terpengaruh dengan kehadiran jembatan. Jembatan membawa beragam manfaat secara ekonomi yang bisa dirasakan masyarakat. Pertama, sudah jelas bahwa kehadiran jembatan yang menghubungkan dua jalan yang terputus akibat berbagai kondisi membuat pergerakan barang dan jasa menjadi lebih cepat. Pergerakan barang dan jasa yang lebih cepat ini juga membuat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat juga meningkat.

Salah satu contoh dari manfaat jembatan yang pertama adalah Jembatan Gantung Sudisari I yang terletak di Kabupaten Magelang, menghubungkan Dusun Sudimoro, Desa Adikarto dengan Dusun Mariban, Desa Progowati. Jembatan yang dibangun oleh pemerintah itu memiliki panjang 60 meter dan lebar 1,7 meter. Kehadiran jembatan tersebut mempermudah warga ketika hendak menjual barang dagangan mereka ke pasar ataupun ketika akan pergi ke ladang. Sangat jelas bahwa jembatan tersebut membuat pergerakan barang lebih cepat dan mudah.

Kedua, kehadiran jembatan juga memunculkan kendaraan angkutan penumpang. Manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan oleh warga biasa yang mendapatkan akses berupa kendaraan untuk mobilitas. Utamanya, manfaat secara ekonomi dirasakan oleh penyedia jasa yang mengangkut penumpang. Mereka dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk menambah penghasilan.

Ketiga, munculnya aktivitas ekonomi baru berupa jasa tempat peristirahatan serta penjualan barang khas daerah tertentu di titik-titik strategis penjualan. Manfaat jembatan yang satu ini berkaitan dengan wisata. Salah satu contohnya adalah jembatan gantung yang dibangun pemerintah di Kabupaten Magelang, yaitu Jembatan Mangunsuko. Setelah diresmikan pada tahun 2017 lalu, jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang-orang untuk berfoto. Bukan hanya karena jembatannya yang indah, melainkan juga karena lokasi jembatan tersebut yang bersisian dengan air terjun.

Banyaknya wisatawan yang mendatangi lokasi jembatan tersebut turut menggerakkan perekonomian di sekitar jembatan. Para pedagang di sekitar, seperti pedagang makanan, diuntungkan dengan kunjungan wisatawan ke jembatan tersebut. Ke mana lagi wisatawan akan mencari makanan jika tidak ke pedagang di sekitar Jembatan Mangunsuko?

Secara umum, kehadiran jembatan di suatu daerah menunjang pergerakan ekonomi di daerah tersebut. Mulai dari meningkatkan aktivitas perekonomian yang baru, hingga memunculkan peluang ekonomi yang baru. Masyarakat di sekitar jembatan lah yang dapat benar-benar merasakan manfaat jembatan ini.

Namun, manfaat jembatan tidak hanya menyangkut bidang ekonomi. Sebagai tambahan, kami akan membahas sedikit manfaat jembatan di beberapa bidang lain.

Baca juga: Gerakan Act Of Love, Kitabisa dan Sahabat Pedalaman Bangun Jembatan di Pelosok Sumatera Selatan

Manfaat Jembatan dalam Bidang Sosial Budaya

(Jembatan apung penghubung Sidoarjo. Gambar: Aini/Ngopibareng.id)

Dua daerah atau wilayah yang semula terpisah, dapat terhubung berkat adanya jembatan. Ini mempermudah interaksi sosial antara masyarakat dari kedua wilayah tersebut. Masyarakat yang semula jarang atau bahkan tidak pernah berinteraksi karena terkendala akses, bisa mempererat hubungan dengan adanya jembatan.

Komunikasi dan interaksi sosial yang berjalan dengan lancar dapat memunculkan ikatan persaudaraan yang erat. Ketentraman antara kedua masyarakat pun bisa diraih karena komunikasi yang berjalan dengan baik.

Lebih jauh lagi, masyarakat dari kedua wilayah tersebut juga dapat lebih memahami nilai budaya masing-masing karena eratnya komunikasi dan interaksi sosial yang terjalin. Pemahaman ini menghadirkan kerukunan dan sikap saling menghargai dalam masyarakat.

Manfaat Jembatan dalam Bidang Geografi dan Kependudukan

(Jembatan Baru Besuk Koboan Lumajang. Gambar: BPPN Jatim)

Dalam bidang geografi serta kependudukan, manfaat jembatan yang bisa dirasakan adalah mempermudah penentuan batas darat pada dua wilayah yang dihubungkan oleh jembatan tersebut. Kemudian, jembatan juga membuka peluang akan pembauran atau perpindahan tempat tinggal untuk masyarakat yang menghuni dua wilayah yang terhubung oleh jembatan.

Manfaat yang paling signifikan dari pembangunan jembatan secara geografi dan kependudukan adalah mempermudah usaha pemerintah dalam melakukan pemerataan kesejahteraan penduduk. Dengan keberadaan jembatan, segala kebutuhan dan bantuan yang ingin disalurkan pemerintah dapat lebih mudah mencapai masyarakat yang dituju.

Manfaat Jembatan dalam Bidang Politik dan Pertahanan

(Jembatan Gantung Wear Fair. Gambar: setkab.go.id)

Untung bidang politik dan pertahanan, manfaat jembatan lebih banyak dirasa oleh pihak pemerintah. Misalnya saja, dalam bidang politik, jembatan yang menghubungan dua wilayah atau daerah dapat menciptakan keseimbangan yang berkaitan dengan hal politis. Kemudian, pembangunan jembatan juga dapat mempermudah pemerataan kegiatan politik.

Manfaat pembangunan jembatan lain yang bisa dirasakan oleh pemerintah adalah dari segi pertahanan. Kehadiran jembatan disebut dapat memperkuat pertahanan dalam skala nasional. 

Nah, itu dia manfaat jembatan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, khususnya ekonomi, Sahabat. Meski sering dilewati begitu saja dan tidak benar-benar diperhatikan, ternyata jembatan memiliki segudang manfaat di kehidupan kita. Mulai dari menggerakkan roda perekonomian hingga memperkuat pertahanan nasional. 

Sekian dahulu artikel kami mengenai jembatan. Kami masih akan menghadirkan berbagai artikel dengan tema yang berbeda dan menarik setiap minggunya. Jadi jangan sampai kelewatan ya, Sahabat!

Baca juga: Selain Koteka, Kenali Pakaian Adat Papua Lain yang Memiliki Ciri Khas

Referensi:
https://pu.go.id/berita/jembatan-gantung-gerakkan-roda-ekonomi-di-desa-dan-menjadi-objek-wisata-baru
https://manfaat.co.id/manfaat-jembatan
https://artikel.rumah123.com/fungsi-jembatan