Infrastruktur

Mengapa Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Masih Belum Merata?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang amat luas. Menurut data Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 8,3 juta kilometer persegi. Wilayah ini terbagi menjadi perairan sebesar 6,4 juta kilometer persegi dan daratan seluas 1,9 juta kilometer persegi. Dengan wilayah seluas ini, pembangunan infrastruktur yang tidak merata masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi Indonesia.

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas mengenai tidak meratanya pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya di daerah terpencil dan pedalaman. Pembangunan banyak yang ditujukan untuk pulau seperti Jawa dan Sumatera. Sementara pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua masih kurang mendapatkan perhatian.

Padahal, infrastruktur berkaitan langsung dengan kesenjangan antara wilayah satu dan lainnya. Ketimpangan infrastruktur akan berujung pada kesenjangan sosial karena ketidakmampuan masyarakat memperoleh pendapatan tetap dan kesempatan kerja yang sama seperti di daerah dengan infrastruktur memadai. Masalah ini juga dapat membuat tingkat kejahatan menjadi lebih tinggi karena permasalahan ekonomi masyarakat.

Tapi, Sahabat penasaran tidak, mengapa pembangunan infrastruktur di Indonesia masih kurang merata?

Masalah pembangunan infrastruktur yang tidak merata ini bisa dibilang cukup kompleks karena melibatkan banyak pihak. Namun, mari kita coba uraikan sedikit permasalahan-permasalahan utama yang melatarbelakangi masalah ini. Simak ya, Sahabat!

Baca juga:

Masalah Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

(Gambar: setkab.go.id)

Infrastruktur dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Mulai dari jalanan dan jembatan untuk transportasi, penyedia air dan listrik untuk kebutuhan hidup, sampai peraturan lalu lintas dan pelayanan publik sebagai sistem untuk melayani masyarakat.

Meskipun penting, pembangunan infrastruktur di Indonesia masih mengalami berbagai masalah. Masalah-masalah ini yang menghambat infrastruktur tersedia secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Adapun, masalah-masalah pembangunan infrastruktur di Indonesia berkaitan dengan hal-hal berikut.

1. Ketidakmampuan dalam hal aksesibilitas

Banyak daerah perbatasan yang masih belum mendapatkan pembangunan seperti daerah kota besar disebabkan karena ketidakmampuan pemerintah untuk menjangkau daerah tersebut. Daerah-daerah pedalaman dan perbatasan jauh dari pusat aktivitas ekonomi serta kegiatan pemerintahan sehingga transportasi menjadi kendala utama untuk memulai pembangunan di daerah tersebut.

2. Kurangnya investasi pemerintah

Dana serta sumber daya yang dialokasikan pemerintah untuk daerah perbatasan dan pedalaman biasanya lebih rendah sebab biaya yang lebih besar disalurkan untuk pembangunan di daerah yang padat penduduk dan lebih berkembang. Langkah pemerintah yang kurang menyalurkan investasi kepada daerah pedalaman membuat pembangunan infrastruktur tidak bisa dilaksanakan sebanyak daerah-daerah padat penduduk.

3. Tidak stabilnya keamanan di suatu daerah

Situasi keamanan juga kerap menjadi penghambat dalam pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan. Di daerah perbatasan, seringkali terjadi konflik seperti konflik antar suku, konflik bersenjata, hingga terorisme yang membuat investasi dan pembangunan infrastruktur tidak bisa dilaksanakan dengan gencar layaknya di daerah perkotaan yang lebih aman.

4. Sikap sentralistik dalam mengambil keputusan

Wujud pola pikir sentralistrik dalam pembangunan, salah satunya pembangunan infrastuktur, adalah pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh pemerintah pusat dan kerap tak melibatkan perwakilan dari daerah perbatasan. Karena inilah, biasanya pembangunan yang dilakukan juga tak sesuai dengan kebutuhan serta potensi yang dimiliki oleh daerah perbatasan. 

5. Terbatasnya ketersediaan sumber daya

Pembangunan infrastruktur dapat terhambat akibat ketersediaan sumber daya seperti air, lahan, hingga energi yang terbatas. Akan sulit melakukan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan jika tidak ada sumber daya di daerah yang dituju.

6. Hambatan yang muncul karena budaya dan tradisi

Budaya dan tradisi lokal yang kuat dan konservatif seringkali membuat inovasi dan perubahan yang dibutuhkan dalam melakukan pembangunan infrastrukstur tidak bisa diperoleh dengan mudah. Oleh karena itu, daerah-daerah perbatasan dan pedalaman pun menjadi lebih sulit mendapatkan jatah pembangunan infrastruktur.

Solusi Masalah Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

(Gambar: pupr.go.id)

Banyaknya permasalahan dalam pembangunan infrastruktur harus diatasi agar pembangunan bisa lebih merata menjangkau daerah-daerah perbatasan dan pedalaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa solusi yang bisa diterapkan

1. Memperbaiki koordinasi antar lembaga

Koordinasi dan kerjasama yang terjalin baik antar lembaga dapat memperlancar pembangunan dan pengembangan infrastuktur di Indonesia. Koordinasi juga membuat antar lembaga tidak saling mengalami tabrakan kepentingan.

2. Melakukan perencanaan pembangunan infrastruktur dengan matang

Selain koordinasi yang baik antar lembaga, pembangunan infrastruktur juga membutuhkan perencanaan yang matang.Tak hanya terkait masalah teknis, namun juga pembiayaan untuk infrastruktur yang akan dibangun.

3. Berkomunikasi dengan masyarakat

Bukan hanya lembaga pemerintah yang perlu menjalin komunikasi yang baik terkait pembangunan infrastruktur. Untuk mencegah munculnya masalah dari pihak masyarakat, pemerintah perlu menginisiasi komunikasi dengan masyarakat dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam setiap pembangunan infrastruktur di daerah mereka. Dengan langkah ini, masyarakat dapat menyumbangkan aspirasinya demi memperlancar pembangunan infrastruktur.

4. Memperbaiki birokrasi di Indonesia

Salah satu konsen utama yang perlu dibenahi oleh pemerintah adalah persoalan birokrasi. Pemerintah harus merancang kebijakan yang mampu mendukung pembangunan infrastruktur yang lebih efisien.

5. Merawat infrastruktur yang telah ada

Perawatan terhadap infrastruktur yang sudah ada perlu dilakukan dengan baik.Dengan demikian, akan mengurangi pengeluaran negara untuk menangani masalah infrastruktur.

Sahabat, itu dia permasalahan yang dihadapi Indonesia terkait pembangunan infrastuktur yang belum merata beserta solusi untuk mengatasinya. Memang, masalah ini sangat kompleks dan banyak pihak sehingga mengatasinya pun tidak akan semudah itu. Setidaknya, sebagai masyarakat, yang bisa kita lakukan adalah menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah ada sebaik-baiknya.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk Sahabat yang membaca. Jangan lupa simak artikel kami yang lainnya, ya!

Baca juga: Lika-Liku Masalah Pendidikan di Daerah 3T

Referensi:
https://novotest.id/infrastruktur-negara-indonesia/
https://www.transriau.com/read-501-17467-2022-06-21-pembangunan-infrastruktur-tidak-merata-menimbulkan-dampak-kesenjangan-sosial.html
https://alasan.id/mengapa-pembangunan-belum-merata/