Pendidikan

Maldives di Indonesia! Pesona dan Cantiknya Pantai Ora di Maluku

pantai ora maluku

Siapa bilang untuk mencicipi keindahan pantai sekelas Maldives harus menempuh jalan hingga ke luar negeri? Indonesia punya Pantai Ora di Maluku yang kecantikannya bisa disandingkan dengan Maldives. Bahkan, pantai ini populer dengan sebutan Maldives-nya Indonesia.

Barangkali, namanya tidak setenar pantai Kuta dan pantai-pantai lainnya di Bali yang memang selalu menjadi pilihan wisata populer baik bagi turis domestik maupun turis asing. Namun, soal keindahan, boleh diadu.

Bagi Sahabat yang tengah mencari destinasi wisata baik untuk dinikmati sendiri, bersama keluarga, atau bersama kawan, kami akan memperkenalkan pesona Pantai Ora Maluku yang menawan. Simak ya, Sahabat.

Akses ke Pantai Ora

pantai ora maluku
(Gambar: indonesiatraveler.id)

Keelokan Pantai Ora tersembunyi dalam naungan Indonesia bagian timur yang masih tidak banyak dijamah manusia. Lebih tepatnya, Pantai Ora berada di Negeri Saleman, Seram Utara. Destinasi wisata yang satu ini masuk ke dalam wilayah administrasi Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Letak pantai ini berdekatan dengan destinasi wisata lainnya yaitu Taman Nasional Manusela.

Untuk mencapai Pantai Ora, jalan yang harus dilalui memang cukup panjang, sulit, serta menghabiskan banyak biaya. Sahabat bisa memulai perjalanan dari pulau Ambon, kemudian menyeberang menuju Maluku Tengah, Pulau Seram dengan menumpangi kapal cepat selama 2 jam perjalanan.

Setelah itu, Sahabat bisa menyambungnya dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor dari Pulau Masohi menuju Desa Saleman di Seram Utara. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 3-4 jam perjalanan. Tidak sampai di situ, untuk pergi ke Pantai Ora, Sahabat harus menempuh perjalanan selama sekitar 15 menit menggunakan kapal nelayan.

Perjalanan sepanjang itu tidak akan sia-sia. Pemandangan Pantai Ora akan menyambut dan memanjakan mata Sahabat hingga melupakan kelelahan yang didapat selama perjalanan. Dan karena akses yang cukup sulit itu, Pantai Ora menawarkan privasi lebih dibanding pantai di daerah lain yang dipadati pengunjung.

Pantai Ora di Maluku buka selama 24 jam non-stop dari Senin sampai Minggu. Sahabat tidak perlu membeli tiket masuk, pengunjung dapat memasuki destinasi wisata ini tanpa dipungut biaya apapun. Sahabat hanya perlu menyiapkan biaya untuk penginapan dan transportasi. Sudah menempuh perjalanan jauh, tentu rugi apabila hanya menikmati Pantai Ora selama 1-2 jam saja, bukan?

Sebagai informasi, di wilayah Pantai Ora hanya ada satu buah resort yang terkenal. Namun, Sahabat memiliki pilihan lain sebagai alternatif, yaitu Desa Sawai ataupun Desa Saleman yang letaknya tidak jauh dari Pantai Ora.

Wisata yang Bisa Dinikmati

Pantai Ora menawarkan pemandangan pantai nan eksotis dengan hamparan pasir pantai yang lembut beserta perairan dangkal yang jernih, berwarna biru kehijauan. Sahabat dapat langsung memandangi ratusan ribu terumbu karang cantik beserta ikan-ikan yang berenang lalu lalang hanya dari permukaannya.

Kendati demikian, Sahabat bisa mendapat pengalaman menikmati keindahan laut dengan lebih baik melalui kegiatan snorkeling dan diving yang disediakan di sini. Di Pantai Ora, ada fasilitas yang menyediakan penyewaan alat selam beserta pemandu yang siap sedia membimbing Sahabat menjelajahi kehidupan bawah air di Pantai Ora. Pemandangan bawah laut yang disuguhkan Pantai Ora Maluku akan membantu Sahabat melepas penat yang menumpuk karena aktivitas sehari-hari.

pantai ora
(Gambar: Jinkura71)

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Ora adalah melakukan penjelajahan goa dengan cara berenang. Namun, Sahabat perlu berhati-hati dalam melakukan kegiatan yang satu ini karena lokasinya sempit dan lautan yang cukup dalam. Sangat disarankan bagi Sahabat untuk menjelajah bersama pemandu untuk menjamin keamanan dan keselamatan.

Di dekat goa, terdapat tebing bernama Tebing Hatupia. Sahabat bisa melakukan snorkeling, bersantai di dermaga, serta mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar tebing.

Lelah menjelajah dan hanya ingin bersantai? Sahabat bisa mengunjungi Air Belanda. Air Belanda ini airnya bersumber dari mata air yang berada di dalam tanah. Oleh karena itu rasa airnya pun tawar tidak seperti air laut yang asin. Konon katanya, Sahabat, semakin terik matahari bersinar maka airnya justru akan semakin sejuk. Duduk-duduk santai dan berendam beberapa menit lamanya pasti akan menyegarkan.

Puas bermain di air, Sahabat masih bisa menikmati keindahan Pantai Ora di Maluku ini di penginapan atau pantai. Bersantai di hamparan pasir putih atau bermain di ayunan yang ada di bibir pantai bukan pilihan yang buruk. Sahabat akan takjub dengan pemandangan indah Pantai Ora yang dikelilingi pegunungan hijau. Pada malam hari, langitnya yang masih bersih tak terpapar polusi akan dihiasi ribuan bintang. Pemandangan yang tidak bisa Sahabat dapatkan di perkotaan ini patut diabadikan baik dalam pikiran maupun melalui foto.

Itu dia ulasan kami mengenai Pantai Ora di Maluku yang menyediakan sejuta keindahan untuk dinikmati. Menyisihkan uang, tenaga, dan waktu untuk mengunjungi pantai ini akan memberikan Sahabat pengalaman tak terlupakan.

Baca juga : Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku

Masih banyak artikel menarik lain mengenai kehidupan, makanan, hingga destinasi wisata di pedalaman yang akan kami unggah di sini. Jangan sampai terlewat, ya, Sahabat!

Referensi:
https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/potensi-pariwisata-pantai-ora-yang-mendunia/
https://rimbakita.com/pantai-ora/
https://www.nativeindonesia.com/pantai-ora/