Kesehatan

Mengapa Makanan Bergizi Sangat Penting Bagi Tubuh?

makanan bergizi

Sahabat, makanan bergizi menjadi salah satu kebutuhan tubuh yang sangat penting untuk dipenuhi. Kendati demikian, seringkali kebutuhan ini tidak terpenuhi karena berbagai alasan. Bisa karena dianggap kurang enak sehingga lebih memilih makanan yang tak bergizi atau junk food, bisa pula karena tidak adanya akses dan pengetahuan terhadap makanan bergizi.

Untuk lebih menanamkan kesadaran mengenai hal ini, dalam artikel ini kami akan membahas lebih lengkap mengenai alasan tubuh membutuhkan makanan bergizi, termasuk manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi makanan bergizi. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya ya, Sahabat!

Apa Itu Makanan Bergizi?

(Gambar: Unsplash/K15 Photos)

Sebelum membahas soal manfaat dan nilai pentingnya, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa itu makanan bergizi. Menurut buku Makanan Sehat dan Bergizi bagi Tubuh yang ditulis oleh Nur Wahyuningsih dkk., makanan bergizi adalah makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Di dalam makanan yang bergizi dan sehat, terdapat kandungan berbagai zat yang diperlukan tubuh untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya.

Adapun, kandungan zat yang dimaksud adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Kandungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk tubuh saat dikonsumsi. Untuk memenuhi kebutuhan atas zat-zat tersebut, kita dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Menyantap satu jenis makanan hanya akan membuat kebutuhan akan satu zat terpenuhi, namun zat lainnya tidak. Padahal, tubuh kita membutuhkan seluruh gizi di atas secara seimbang demi menunjang pertumbuhan.

Mengapa Tubuh Perlu Makanan Bergizi?

(Gambar: Pixabay/Jill Wellington)

Sebelumnya, sudah disebutkan kita membutuhkan makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhan. Lantas, bagaimana bentuk nyata manfaat dari makanan bergizi untuk tubuh kita?

Pertama, makanan bergizi dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan hormon dalam tubuh. Manfaat ini berlaku khususnya untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Konsumsi makanan bergizi akan mendukung peningkatan tinggi badan secara drastis. 

Kedua, makanan bergizi dapat meningkatkan fungsi sistem tubuh. Beberapa kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan akan diserap oleh sel tubuh. Sel-sel tersebut kemudian mengirim sinyal ke otak agar bagian tubuh lain menjalankan fungsinya dengan baik.

Ketiga, makanan bergizi membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh memiliki sistem kekebalan sendiri untuk menangkal serangan penyakit. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, kita membantu sistem kekebalan bekerja dengan lebih baik sehingga kita akan terhindar dari penyakit.

Keempat, makanan bergizi membantu kita menjaga penampilan dan bentuk tubuh. Kandungan gizi pada makanan tak hanya akan membuat tubuh kita lebih sehat, namun juga menunjang penampilan agar terlihat segar dan awet muda. Sebaliknya, makanan tak sehat yang mengandung banyak lemak akan memicu kenaikan berat badan yang dapat berujung pada obesitas.

Kelima, makanan bergizi akan membuat kebutuhan nutrisi kita terpenuhi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan bergizi mengandung berbagai jenis zat yang penting untuk tubuh seperti protein, vitamin, mineral, hingga kalsium. Nutrisi ini akan menunjang kinerja sistem pada tubuh dan menyuplai energi untuk kegiatan sehari-hari.

Makanan Apa yang Termasuk Makanan Bergizi?

(Gambar: Pixabay/Felix Wolf)

Ada banyak jenis makanan yang termasuk ke dalam golongan makanan bergizi. Berikut kami akan membahas beberapa di antaranya. Pertama, sayur-sayuran yang diketahui mempunyai kandungan nutrisi lengkap. Misalnya, brokoli yang punya kandungan serat, kalsium, kalium, folat, serta fitonutrien. Brokoli juga dikenal mempunyai kandungan vitamin C. Di dalam 100 gram brokoli, terdapat 150% asupan vitamin C yang direkomendasikan.

Kedua, buah-buahan. Buah memiliki nutrisi yang tinggi serta kandungan berbagai vitamin. Contohnya apel yang mengandung serat, vitamin C, serta antioksidan. Ada pula alpukat yang kaya akan kandungan lemak sehat, kalium, serta vitamin C. Kemudian, buah-buahan seperti strawberry dan blueberry yang mengandung antioksidan, tinggi serat, dan rendah kalori.


Ketiga, daging dan telur. Di antara berbagai jenis daging, yang memiliki kandungan protein serta zat besi tinggi adalah daging sapi tanpa lemak. Sementara itu, telur mempunyai kandungan asam amino essensial dan non essensial lengkap, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

Keempat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kelompok makanan ini kaya akan nutrisi serta berbagai mineral seperti magnesium dan vitamin E. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein nabati yang baik, khususnya bagi vegetarian.

Kelima, ikan dan makanan laut. Makanan laut disebut mempunyai kandungan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian mengungkap rajin mengonsumsi ikan laut akan membuat risiko seseorang terkena penyakit seperti jantung menjadi lebih rendah.

Keenam, susu. Susu diketahui mengandung berbagai macam zat yang baik untuk tubuh seperti mineral, protein hewani, lemak sehat, vitamin, hingga kalsium. Susu yang diproses menjadi keju atau difermentasi menjadi yoghurt mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan bergizi, mulai dari pengertian hingga jenis-jenis makanannya. Sudah jelas kan, Sahabat, mengapa makanan bergizi sangat penting bagi tubuh? Banyak manfaat yang akan diterima tubuh ketika mengonsumsi makanan bergizi.

Setelah mengetahuinya, jangan lupa tingkatkan konsumsi makanan bergizi ya, Sahabat. Agar kondisi tubuh kita selalu terjaga dalam keadaan baik dan sehat.

Sekian artikel kali ini. Kami akan kembali menjumpai Sahabat lewat artikel informatif lainnya. Jangan sampai terlewat, ya!

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Dialami Remaja Indonesia

Referensi:

https://kumparan.com/kabar-harian/makanan-bergizi-pengertian-manfaat-dan-contohnya-1xSygQepTEE/3
https://sensi.co.id/mengapa-kita-harus-mengonsumsi-makanan-yang-bergizi/
https://www.halodoc.com/kesehatan/makanan-sehat