Ekonomi

Pemberdayaan Masyarakat: Tujuan dan Upaya yang Harus Dilakukan

Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri baik dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, maupun bidang lainnya, perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemberdayaan sendiri memiliki arti proses, cara, perbuatan memberdayakan. Maka secara harfiah pemberdayaan masyarakat berarti perbuatan memberdayakan masyarakat.

Selain menurut KBBI, beberapa ahli juga memberikan definisi pemberdayaan masyarakat. Dalam buku berjudul Pemberdayaan Masyarakat yang ditulis oleh Dedeh Maryani dan Ruth Roselin E. Nainggolan, pemberdayaan masyarakat artinya proses pembangunan yang membuat masyarakat berinisiatif untuk memulai kegiatan sosial dalam memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Pendapat lain dari Wijaya (2003), pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan potensi masyarakat, agar masyarakat dapat memaksimalkan jati diri, harkat dan martabatnya agar dapat bertahan dan berkembang secara mandiri baik secara ekonomi, sosial, agama dan budaya.

Ada pula definisi dari Merriam Webster yang menyebut pemberdayaan sebagai upaya untuk memberikan keterampilan dan kemampuan yang memungkinkan individu berkembang lebih lanjut.

Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan merealisasikan potensi kemampuan masyarakat itu sendiri. Titik berat dari kegiatan ini adalah memahami kebutuhan masyarakat serta mencari pemecahan dari masalah yang ada dengan memperhitungkan potensi yang ada di lingkungannya. Keberhasilan pemberdayaan masyarakat tidak hanya akan berdampak pada kehidupan masyarakat yang membaik, melainkan juga pembangunan nasional.

Lebih lanjut tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan apa saja contoh upaya pemberdayaan masyarakat akan kami bahas di bawah ini. Simak ya, Sahabat!

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

(Gambar: Unsplash/Artem Beliaikin)

Secara umum, pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk membuat masyarakat menjadi lebih mandiri dan mampu, terutama agar terlepas dari kemiskinan serta keterbelakangan atau ketimpangan. Kemiskinan sendiri bisa dilihat dari tidak memadainya kebutuhan dasar. Sementara keterbelakangan lebih bersifat struktural dan kultural seperti rendahnya produktivitas, lemahnya sumber daya manusia, keterbatasan terhadap akses lahan meskipun ketergantungan masih sangat besar terhadap sektor pertanian, melemahnya metode/tradisi pasar lokal saat digunakan untuk memasok kebutuhan perdagangan internasional.

Adapun tujuan yang lebih detail dari kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti yang dituliskan Mardikanto dalam buku karya Dedeh Maryani dan Ruth Roselin E. Nainggolan adalah sebagai berikut. Pertama, perbaikan kelembagaan agar masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam kegiatan.

Kedua, perbaikan usaha atau bisnis untuk memberi manfaat bagi anggota lembaga dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Ketiga, perbaikan pendapatan bagi anggota lembaga dan masyarakat. Keempat, perbaikan lingkungan baik secara fisik dan sosial. Kerap kali, kerusakan lingkungan disebabkan kemiskinan ataupun pendapatan masyarakat yang terbatas.

Kelima, perbaikan kehidupan. Perbaikan pada pendapatan dan lingkungan akan mendorong kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik pada aspek kesehatan, pendidikan, serta daya beli. Terakhir, perbaikan masyarakat karena kehidupan lebih baik yang dimiliki setiap keluarga.

Upaya Pemberdayaan Masyarakat

(Gambar: dpmg.pidiekab.go.id)

Terdapat banyak bentuk upaya pemberdayaan masyarakat yang bisa diterapkan di berbagai bidang. Umumnya, pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui kegiatan pendidikan yang melibatkan pihak-pihak seperti instansi, lembaga, dan organisasi. Beberapa contoh pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari program-program berikut.

Pertama, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri atau PNPM Perdesaan). Program ini memiliki mekanisme, sistem, serta proses yang serupa dengan Program Pengembangan Kecamatan. Tujuan dari program pemberdayaan ini adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan, mengembangkan kesempatan kerja di perdesaan, serta memperlambat urbanisasi.

Fasilitas yang dihadirkan dalam program ini meliputi pemberdayaan, pelatihan, dan pendampingan secara langsung. Seluruh anggota masyarakat pun dilibatkan dalam semua tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, pengelolaan dana, hingga pelaksanaan kegiatannya.

Kedua, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). LSM merupakan upaya pemberdayaan yang bersifat pelayanan sukarela pada masyarakat atau komunitas tertentu tanpa mencari keuntungan. Organisasi ini tergolong organisasi non-pemerintah dan terdiri atas empat macam yaitu organisasi donor, organisasi mitra pemerintah, organisasi profesional, serta oposisi.

Ketiga, Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Program yang satu ini menjadi salah satu upaya pemerintah demi mewujudkan pembangunan manusia di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi untuk mengatasi kemiskinan. Program pemerintah ini mengusung prinsip dasar berupa demokrasi, transparansi, partisipasi, akuntabilitas, serta desentralisasi.

Yang menjadi perhatian dari progam PLPBK ini, seperti namanya, adalah pembangunan lingkungan yang kondusif baik secara mental dan fisik. Pembangunan lingkungan ini menjadi sarana pembelajaran untuk pembangunan proses kerja masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersatukan peraturan-peraturan yang dibutuhkan untuk berbagi ruang hidup di dalam masyarakat yang beradab, saling menghargai dan berdaya guna. Selain itu, hal ini juga mendorong terciptanya lingkungan yang sehat, tertib, teratur, harmonis, mempunyai kekayaan intelektual lokal, dan keberlanjutan.

Demikian lah penjelasan mengenai pemberdayaan masyarakat. Sebenarnya, masih banyak contoh upaya pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar kita. Semua itu dilakukan demi menciptakan masyarakat yang lebih baik. Semoga di lain kesempatan kami bisa membahas lebih banyak soal ini.

Jangan lewatkan artikel menarik lain yang akan kami hadirkan di sini, ya, Sahabat!

Baca juga: Apa Perbedaan antara TPQ dan TPA? Berikut Penjelasan Istilahnya

Referensi:
https://kumparan.com/berita-hari-ini/pemberdayaan-masyarakat-pengertian-prinsip-dan-tujuannya-1vH6b5Wy9TA/full
https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemberdayaan-masyarakat/
https://www.sonora.id/read/423640984/17-contoh-pemberdayaan-masyarakat-dari-berbagai-bidang-lengkap?page=all